Sebelum
masuk kedalam penjelasan tentang BPJS terdapat beberapa point penting yang
dijadikan aspek untuk menentukan informasi yang ada diantaranya.
-
Strategi
adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan,
perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
-
Service
design adalah suatu upaya menginovasi atau memperbaiki
layanan yang sudah ada untuk membuatnya lebih berguna, dapat digunakan,
diinginkan pelanggan, efisien serta efektif bagi organisasi.
-
Service
transition adalah tahapan merealisasikan/mengimplementasikan
hasil tahapan service design menjadi layanan baru atau modifikasi layanan
sebelumnya. Perubahan (Change) mencakup penambahan, modifikasi, atau
penghilangan apapun yang dapat mempengaruhi layanan TI.
-
Service
Operation (SO) adalah salah satu fase dari framework
ITIL. ... Service support focus pada aktivitas operasi harian (day-to-day
activities), sedangkan Service delivery focus pada perencanaan service yang
akan diberikan kepada pelanggan.
- Personal Service Improvement (CSI).
CSI merupakan suatu proses yang berfokus pada peningkatan efisiensi,
memaksimalkan efektivitas dan mengoptimalkan biaya layanan dan mendasari dari
proses Information Technology Service Management (ITSM).
Dibawah ini contoh dari materi diatas ,yaitu BPJS
BPJS Kesehatan diresmikan pertama kali oleh pemerintah pada tanggal 31 Desember 2013. Berselang sehari setelah diresmikan atau tepatnya 1 Januari 2014.BPJS Kesehatan adalah sebuah lembaga milik negara yang masuk dalam kategori BUMN. BPJS Kesehatan zmenyelenggarakan jaminan dan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali.Semua masyarakat sipil, PNS, TNI/POLRI, Veteran, Penisunan PNS, dan Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dijamin oleh BPJS Kesehatan.
Service Perkembangan
Jaminan pemeliharaan kesehatan di Indonesia
sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dan setelah kemerdekaan,
pada tahun 1949, setelah pengakuan kedaulatan oleh Pemerintah Belanda, upaya untuk
menjamin kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.Hal ini berawal pada
tahun 2004 saat pemerintah mengeluarkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem
Jaminan Sosial Nasional (SJSN) tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
(BPJS) serta menunjuk PT Askes (Persero) sebagai penyelenggara program jaminan
sosial di bidang kesehatan, sehingga PT Askes (Persero) pun berubah menjadi
BPJS Kesehatan.
Service
Strategy
- BPJS Kelas
1
- BPJS kelas
2
- BPJS kelas
3
Yang membedakan
antara kelas tersebut adalah besar kecilnya iuran bulanan yang harus
dibayarkan, umumnya kelas I paling besar diikuti oleh kelas II dan III, dan
juga ruangan rawat inap yang akan menjadi haknya ketika peserta di rawat inap
di rumah sakit.
Service
Design
Keuntungan bergabung bersama BPJS :
BPJS Kesehatan sebagai penjamin pertama BPJS
Kesehatan menjamin Peserta sesuai haknya sebagai Peserta BPJS Kesehatan,
selebihnya ditanggung oleh asuransi tambahan atau badan penjamin lain.
1) Koordinasi manfaat diberlakukan bila
Peserta mengambil kelas perawatan lebih tinggi dari haknya sebagai Peserta BPJS
Kesehatan, kecuali pelayanan di Rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan BPJS
Kesehatan, diatur tersendiri antara BPJS Kesehatan dengan asuransi tambahan
atau badan penjamin lainnya.
2) BPJS Kesehatan menanggung biaya sesuai hak
kelas peserta, penjamin lain menanggung selisih biaya akibat kenaikan kelas
peserta
3) Koordinasi manfaat dapat dilakukan pada
fasilitas kesehatan yang belum kerja sama dengan BPJS Kesehatan.
4) Pelayanan kesehatan dapat diberikan di
fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan dan asuransi
tambahan atau badan penjamin lain.
5) Fasilitas kesehatan yang bekerja sama
dengan asuransi tambahan atau badan penjamin lain tetapi tidak bekerja sama
dengan BPJS kesehatan koordinasi manfaat yang ditanggung oleh BPJS kesehatan
hanya pelayanan yang sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan sebagai penjamin kedua BPJS kesehatan hanya
menjamin selisih biaya dari tarif sesuai hak sebagai peserta BPJS Kesehatan dan
nilai yang ditanggung oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas.
Service Transaction and Operation
Iuran
BPJS perbulan sesuai Ruang
Ruang kelas Perawatan Besar iuran peserta BPJS
Kelas I Rp.25.500,- per orang
Kelas II Rp.42.500, -per orang
Kelas III Rp.59.500, -per orang
Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan
1. Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama
2. Pelayanan kesehatan rujukan tingkat
lanjutan
3. Ambulan
4. Pelayanan Persalinan Dan Penjaminan Bayi
Baru Lahir
5. Pelayanan Gawat Darurat
Daftar
Pustaka :
- Achmad Dwi Afriyadi. 2016. 4
Jaminan BPJS TK yang Wajib Diberikan Perusahaan ke Karyawan. https://goo.gl/aqaHhr
- BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK).
2014. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
- BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK).
2014. Program Jaminan Hari Tua (JHT). http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id
- BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK).
2014. Program Jaminan Pensiun. http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
- BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK).
2014. Program Jaminan Kematian (JKM). http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Komentar
Posting Komentar