Langsung ke konten utama

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Sebelum masuk kedalam penjelasan tentang BPJS terdapat beberapa point penting yang dijadikan aspek untuk menentukan informasi yang ada diantaranya.
-       Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
-       Service design adalah suatu upaya menginovasi atau memperbaiki layanan yang sudah ada untuk membuatnya lebih berguna, dapat digunakan, diinginkan pelanggan, efisien serta efektif bagi organisasi.
-       Service transition adalah tahapan merealisasikan/mengimplementasikan hasil tahapan service design menjadi layanan baru atau modifikasi layanan sebelumnya. Perubahan (Change) mencakup penambahan, modifikasi, atau penghilangan apapun yang dapat mempengaruhi layanan TI.
-       Service Operation (SO) adalah salah satu fase dari framework ITIL. ... Service support focus pada aktivitas operasi harian (day-to-day activities), sedangkan Service delivery focus pada perencanaan service yang akan diberikan kepada pelanggan.
-       Personal Service Improvement (CSI). CSI merupakan suatu proses yang berfokus pada peningkatan efisiensi, memaksimalkan efektivitas dan mengoptimalkan biaya layanan dan mendasari dari proses Information Technology Service Management (ITSM).
Dibawah ini contoh dari materi diatas ,yaitu BPJS
Hasil gambar untuk BPJS
BPJS Kesehatan diresmikan pertama kali oleh pemerintah pada tanggal 31 Desember 2013. Berselang sehari setelah diresmikan atau tepatnya 1 Januari 2014.BPJS Kesehatan adalah sebuah lembaga milik negara yang masuk dalam kategori BUMN. BPJS Kesehatan zmenyelenggarakan jaminan dan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali.Semua masyarakat sipil, PNS, TNI/POLRI, Veteran, Penisunan PNS, dan Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dijamin oleh BPJS Kesehatan.
Service Perkembangan
Jaminan pemeliharaan kesehatan di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dan setelah kemerdekaan, pada tahun 1949, setelah pengakuan kedaulatan oleh Pemerintah Belanda, upaya untuk menjamin kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.Hal ini berawal pada tahun 2004 saat pemerintah mengeluarkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta menunjuk PT Askes (Persero) sebagai penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan, sehingga PT Askes (Persero) pun berubah menjadi BPJS Kesehatan.
Service Strategy
  • BPJS Kelas 1
  • BPJS kelas 2
  • BPJS kelas 3

Yang membedakan antara kelas tersebut adalah besar kecilnya iuran bulanan yang harus dibayarkan, umumnya kelas I paling besar diikuti oleh kelas II dan III, dan juga ruangan rawat inap yang akan menjadi haknya ketika peserta di rawat inap di rumah sakit.



Service Design
Keuntungan bergabung bersama BPJS :
BPJS Kesehatan sebagai penjamin pertama BPJS Kesehatan menjamin Peserta sesuai haknya sebagai Peserta BPJS Kesehatan, selebihnya ditanggung oleh asuransi tambahan atau badan penjamin lain.
1) Koordinasi manfaat diberlakukan bila Peserta mengambil kelas perawatan lebih tinggi dari haknya sebagai Peserta BPJS Kesehatan, kecuali pelayanan di Rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, diatur tersendiri antara BPJS Kesehatan dengan asuransi tambahan atau badan penjamin lainnya.
2) BPJS Kesehatan menanggung biaya sesuai hak kelas peserta, penjamin lain menanggung selisih biaya akibat kenaikan kelas peserta
3) Koordinasi manfaat dapat dilakukan pada fasilitas kesehatan yang belum kerja sama dengan BPJS Kesehatan.
4) Pelayanan kesehatan dapat diberikan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan dan asuransi tambahan atau badan penjamin lain.
5) Fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan asuransi tambahan atau badan penjamin lain tetapi tidak bekerja sama dengan BPJS kesehatan koordinasi manfaat yang ditanggung oleh BPJS kesehatan hanya pelayanan yang sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan sebagai penjamin kedua BPJS kesehatan hanya menjamin selisih biaya dari tarif sesuai hak sebagai peserta BPJS Kesehatan dan nilai yang ditanggung oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas.

Service Transaction and Operation
Iuran BPJS perbulan sesuai Ruang

Ruang kelas Perawatan Besar iuran peserta BPJS
Kelas I Rp.25.500,- per orang
Kelas II Rp.42.500, -per orang
Kelas III Rp.59.500, -per orang

Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan

1. Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama
2. Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan
3. Ambulan
4. Pelayanan Persalinan Dan Penjaminan Bayi Baru Lahir
5. Pelayanan Gawat Darurat

 




 Daftar Pustaka :
https://ezzadylan.blogspot.com/2019/06/kartu-jakarta-sehat-kjp.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Windows dari tahun 1983 sampai tahun ini

Latar Belakang Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan  hardware  atau  perangkat keras , jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namunĂ‚  bisa untuk dioperasikan. Berhubungan disini saya akan membahas tentang software maka saya akan membahas perkembangan windows ini 1.  Windows 1.0    Windows 1.0 adalah sistem operasi pertama kali diciptakan diantaranya Bill Gates dan Paul Allen dan pada tanggal rilisnya 20 november 1985. Walaupun Windows 1.0 keluar secara resmi tetapi belum sepopuler sekarang dan tak jarang pula orang-orang pada masa itu belum mengetahui sistem operasi ini Dahulu Windows 1.0 masih menggunakan sistem MS-DOS yaitu hanya satu aplikasi/softwar...

Audit Sistem Informasi

1.       Sebutkan Pengertian dan tujuan Audit Sistem Informasi Apa itu Audit Sistem Informasi? Audit Sistem Informasi adalah proses pengumpulan dan pengevaluasian sebuah untuk untuk memutuskan apakah sistem komputer yang digunakan terlindungi, memiliki integritas data yang terpelihara, sesuai dengan tujuan organisasi, agar dapat mencapai efektifitas dan efiensi dalam menggunakan sumber daya. Audit Sistem Informasi memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan pada aset, memelihara integritas data, dan efektivitas dan efisiensi sistem. 2.       Jelaskan jenis-jenis Audit Audit memiliki banyak jenis, diantaranya: a. Audit Keuangan Audit Keuangan adalah penilaian atau pengevaluasian mengenai suatu entitas untuk menghasilkan opini yang independen tentang laporan keuangan yang akurat, relevan, lengkap, dan sesuai dengan prinsip akuntansi dan aturan yang berlaku. b. Audit Internal Audit Internal adalah penilaian independen yang d...

PERBEDAAN MASYARAKAT PEDESAAN DENGAN MASYARAKAT PERKOTAAN

   A. Masyarakat Perdesaan    ( Rural Society )    Masyarakat pedesaan adalah masyarakat yangg penduduknya mempunyai mata pencaharian utama di sektor bercocok tanam, perikanan, peternakan, atau gabungan dr kesemuanya itu, dan yang sistem budaya dan sistem sosialnya mendukung mata pencaharian itu.       ciri ciri sebagai masyarakat perdesaan : Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal mengenal antara ribuan jiwa. Ada pertalian perasaan yang sama  tentang kesukaan terhadap kebiasaan Cara berusaha (ekonomi)adalah agraris yang paling umum yang sangat dipengaruhi alam seperti : iklim, keadaan alam ,kekayaan alam, sedangkan pekerjaan yang bukan agraris adalah bersifat sambilan. Dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 disebutkan pengertian desa sebagai kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah, yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat sete...