saya akan menjelaskan tentang rencana kerja atau gambaran pekerjaan seorang Manajer.Artikel ini saya buat setelah melakukan wawancara dengan ayah saya sendiri selaku manajer pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT ,fotografi dan ATK.
Beliau bekerja sebagai manajer lebih tepatnya sales manager yang mengatur karyawan bagian penjualan produk .Manajer adalah profesi yang memahami bagaimana memanage para karyawan yang ada dan pengembangan kinerja Perusahaan tersebut,setiap perusahaan selalu berusaha dan mengharapkan untuk mencapai hasil maksimal.
Untuk mencapai hasil yang diharapkan,ayah saya selalu memikirkan beberapa point penting dalam mencapai tujuan perusahaan,seperti :
1. Perencanaan (Planning)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Pengarahan (directing)
4. Penempatan tenaga (staffing)
5. Pengendalian dan pengawasan (controling)
6. Pengevaluasian (evaluating)
Perencanaan, seorang manajer harus memikirkan perencanaan kegiatan yang akan di buat karena, Pembutan perencanaan oleh pimpinan perusahaan untuk perusahaan dilakukan guna menentukan garis-garis besar kegiatan perusahaanya, memikirkan dan mempersiapkan masa depannya, serta menentukan What, How, goal, whow, Goal, Where, dan when yang sesuai dan tepat untuk melaksanakannya,serta menentukan arah dan proses yang akan ditempuh.Ada beberapa perencanaan yang harus diperkirakan seperti:
- Menentukan apa yang ingin dicapai
- \Memperkirakan kecenderuangan, antisipasi keadaan yang takterduga untuk mencapai tujuan
- Menentukan cara, taktik, hal-hal istimewa, dan waktu yang dibutuhkan guna mencapai tujuan.
- Menentukan prioritas, tahapan, perincian kegiatan, dan penjadwalannya.
- Mengalokasikan sumberdaya untuk setiap unit usaha dan rencana keuangan yang mencerminkan kegiatan usaha.
- Menentukan standarisasi proses kerja.
- Pengambilan keputusan pada urusan-urusan penting yang terjadi secara berulang berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan.
Pengorganisasian,selain membuat planing seorang manajer harus membuat pengorganisasian karena pengorganisasian adalah pengaturan pembagian tugas yang didelegasikan kepada para staf dengan baik dan tepat sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan tempat waktu secara efektif dan efesien.
Dalam Pengorganisasian perusahaan, seorang pimpinan/manager hendaknya :
a) Membuat struktur organisasi
Menciptakan bagan/susunan organisasi yang sesuai dengan keadaan perusahaan yang bersangkutan.
b) Merumuskan pola hubungan kewenangan dalam organisasi secara hirakis dan horisontal.
Menentukan garis hubungan kewenagan yang jelas untuk kapasitas pelaksanaan komando dan kelancaran koordinasi.
c) Menyusun uraian jabatan.
Penyusunan uraian jabatan dimaksudkan untuk menentukan ruang lingkup kerja,kerangka hubungan kewenangan dan tanggung jawab.
d) Menentukan peryaratan jabatan.
Penentuan peryaratan jabatan dimaksudkan untuk persaratan menentukan kualitas seseorang yang akan mengisi setiap jabatan yang sesuai dengan latar belakang pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan pengalamanya.
Pengarahan,dalam Hal ini pengarahan sangat perlu dilakukan oleh seorang manajer karena pengarahan menrupakan kemampuan pimpinan/manajer perusahaan untuk menciptakan kegiatan yang bermakna agar mencapai sasaran yang di harapkan. Hal-hal yang perlu di ketahui oleh seorang pimpinan/manager perusahaan dalam pelaksanaan pengarahan adalah sebagai berikut:
a) Penugasan dan Pendelegasian Wewenang
Pimpinan/manajer perusahaan harus dengan bijaksana memberikan tugas, tanggng jawab serta wewenang kepada yang bersangktan sesai jabatannya guan mencapai sasaran yang di harapkan.
b) Memotivasi
Pimpinan/manajer persahaan harus mampu memberikan semangat dan dorongan kepada karyawannya sehingga dapat melakukan tugasnya seperti yang diharapkan.
c) Melakukan Koordinasi
Pimpinan/manajer perusahaan harus mampu menciptakan keserasian dalam setiap kegiatan secara optimal sesuai dengan perubahan keadaan dan perkembangan jaman.
d) Mengatasi konflik
Pimpinan/manajer perusahaan harus mampu menciptakan suasana sikap keterbkaan, keberanian mengemukakan pendapat, kesedian mendengarkan orang lain dan mempertimbangkannya.
e) Mengendalikan perubahaan.
Pimpinan/manajer harus mampu memberikan dorongan kepada karyawan untuk berreaksi secra inovatif guna mencapai sasran yang diharapkan dalam situasi dan zaman yang selalu berubah dan berkembang.
Penetapan Tenaga,adalah pemilihan dan penempatan orang yang tepat dan memenuhi syarat yang telah ditentukan untuk setiap jabatan/posisi (The right man in the right position)
Dalam penempatan tenaga kerja yang tepat pada setiap pemimpin hendaknya:
- Menyeleksi
- Memberikan orientasi
- Mengadakan pendidikan dan pelatihan
Pengendalian dan pengawasan,adalah suatu jaminan untuk memperoleh peningkatan kualitas kerja untuk mencapai sasaran yang telah direncanakan,mengendalikan dan mengawasi jalannya para karyawan hal-hal yang harus diperhatikan yaitu:
- Menentukan sistem laporan
- Menentukan standar prestasi kerja
- Mengukur Hasil pekerjaan
- Mengadakan koreksi
- Memberikan imbalan dan melakukan antisipasi terhadap penyimpangan
refrensi :
Komentar
Posting Komentar